ANALISIS OPTIMASI KINERJA PROTOKOL ROUTING AODV DAN AOMDV DENGAN MENGGUNAKAN METODE RFAP UNTUK MENCEGAH RREQ FLOODING ATTACKS PADA JARINGAN MANET

Yudistiana, I Made Windra (2018) ANALISIS OPTIMASI KINERJA PROTOKOL ROUTING AODV DAN AOMDV DENGAN MENGGUNAKAN METODE RFAP UNTUK MENCEGAH RREQ FLOODING ATTACKS PADA JARINGAN MANET. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
FIX_LAPORAN_MADE WINDRA_F1D014034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu sektor yang sangat mempengaruhinya adalah dalam hal keamanan jaringan (security). Hal ini disebabkan oleh karakteristik dari jaringan MANET yang bersifat dinamis sehingga jaringan MANET sangat mudah diganggu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu serangan yang dapat terjadi pada jaringan MANET adalah Route Request (RREQ) Flooding Attacks. Pada serangan RREQ flooding berupa node-node palsu yang berada di luar area jaringan tersebut dan melakukan broadcast RREQ ke node tujuan yang ada di dalam jaringan tersebut, sehingga memenuhi kapasitas bandwidth tersebut yang mengakibatkan penurunan kualitas dalam penentuan rute pengiriman data atau informasi ke node tujuan. Untuk mencegah terjadinya serangan RREQ flooding, diperlukan sebuah metode pencegahan terhadap serangan tersebut, yaitu RREQ Flooding Attacks Prevention (RFAP). Metode ini bekerja dengan cara menemukan node-node yang kemungkinan adalah malicious node kemudian diisolasikan dari jaringan untuk dipulihkan menjadi node normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MANET, RREQ, Flooding, RFAP, AODV, AOMDV.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:11
Last Modified: 05 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item