ANALISIS RANTAI NILAI DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU UBI KAYU (Studi Kasus pada UD. Waroh Maju Bersama di Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat)

HERNANDA, YOGI (2018) ANALISIS RANTAI NILAI DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU UBI KAYU (Studi Kasus pada UD. Waroh Maju Bersama di Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
{ARTIKEL ILMIAH} ANALISIS RANTAI NILAI DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU UBI KAYU.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui besar nilai tambah pada agroindustri berbahan baku ubi kayu pada UD. Waroh Maju Bersama di Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. (2) Untuk menganalisis fungsi rantai nilai dan hubungan masing – masing para pelaku rantai nilai agroindustri berbahan baku ubi kayu pada UD. Waroh Maju Bersama di Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. (3) Untuk mengetahui margin kontribusi agroindusrtri berbahan baku ubi kayu pada UD. Waroh Maju Bersama di Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan model studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Unit analisis dalam penelitian ini adalah fungsi dan hubungan pelaku rantai nilai, nilai tambah produk agroindustri berbahan baku ubi kayu dan margin kontribusi agroindustri berbahan baku ubi kayu pada UD.Waroh Maju Bersama. Penentuan responden rantai nilai dilakukan dengan teknik Snow Ball Sampling, selanjutnya penentuan responden konsumen menggunakan teknik Accidental Sampling dan jumlahnya ditentukan dengan Quota Sampling yaitu ditetapkan sebanyak 7 responden konsumen. Hasil penelitian menunjukan . (1) Total nilai tambah keripik ubi kayu untuk 1 kg bahan baku (BB ) yaitu sebesar Rp 15.550 perkilogram bahan baku dengan ratio nilai tambah sebesar 64,46%. (2) Masing-masing pelaku rantai nilai melakukan 3 fungsi rantai nilai yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Sedangkan hubungan yang terjadi pada pelaku rantai nilai dengan UD Waroh Maju Bersama ada yang bermitra dan non mitra (3) Margin kontribusi dalam pengolahan keripik ubi kayu di UD.Waroh Maju Bersama adalah sebesar Rp 625.525 per proses produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Tambah, Rantai Nilai dan Margin Kontribusi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:08
Last Modified: 05 Dec 2018 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11066

Actions (login required)

View Item View Item