PENGARUH PENAMBAHAN INHIBITOR KITOSAN LARUT AIR (Water Soluble Chitosan) DARI CANGKANG RAJUNGAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA BESI DALAM LARUTAN HCl

Awaliah, Titin (2018) PENGARUH PENAMBAHAN INHIBITOR KITOSAN LARUT AIR (Water Soluble Chitosan) DARI CANGKANG RAJUNGAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA BESI DALAM LARUTAN HCl. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI TITIN.pdf

Download (926kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan kitosan larut air (WSC) dari cangkang rajungan terhadap laju korosi pada besi dalam larutan HCl. Kitosan dapat diisolasi dari kitin yang terdapat pada cangkang rajungan yang dapat digunakan sebagai inhibitor untuk menghambat laju korosi besi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara isolasi WSC dari cangkang rajugan, mengetahui adanya pengaruh variasi konsentrasi WSC serta variasi temperatur, dan pH terhadap laju korosi, dan untuk mempelajari faktor-faktor termodinamika (Ea, ΔH, ΔS, dan ΔG0 ads) dalam proses inhibisi korosi dengan WSC. Metode yang digunakan adalah weight loss. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa laju korosi menurun seiring dengan bertambahnya konsentrasi inhibitor yaitu 0, 100, 300, dan 500 ppm sebaliknya laju korosi meningkat seiring dengan meningkatnya temperatur (303, 313 dan 323 K). Efisiensi inhibisi menurun seiring naiknya temperatur dan meningkat pada tiap penambahan konsentrasi inhibitor. Efisiensi optimum terjadi pada suhu 303 K dan konsentrasi 500 ppm yaitu sebesar 98,94 %, laju korosi meningkat dengan menurunnya pH (3, 4 dan 5) sebaliknya efisiensi inhibisi menurun yaitu 75,08%. Pada studi termodinamika nilai Ea, ΔH, ΔS, dan ΔG0 Ads digunakan untuk mengetahui adsorpsi inhibitor pada besi. Dari hasil penelitian diperoleh Ea 80 kJ/mol dan nilai ΔG0 Ads -20 kJ/mol yang menunjukan reaksi secara fisika (fisisorpsi). Kemudian nilai ΔH yang didapatkan pada penelitian ini positif yang menandakan reaksi endoterm dan ΔS positif yang menunjukan reaksi spontan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Limbah cangkang rajungan, kitosan, besi, korosi, inhibisi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:25
Last Modified: 05 Dec 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item View Item