PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS TEKS BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PBSI FKIP UNRAM DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Syaiful, musaddat and siti, rohana and imam, suryadi and suyanu, suyanu PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS TEKS BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PBSI FKIP UNRAM DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat FKIP UNRAM.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN PELATIHAN BAHAN AJAR BERBASIS TEKS LOBAR-2018.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Pelatihan untuk pengabdian kepada masyarakat ini berjudul “Pelatihan Pengembangan Materi Ajar Berbasis Teks bagi Guru-guru Bahasa Indonesia Alumni PBSI FKIP Unram di Kabupaten Lombok Barat.” Pelatihan ini merupakan salah satu usaha tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk membantu meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru-guru, khususnya guru-guru alumni PBSI FKIP Unram yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Tujuan pengabdian ini adalah: (1) untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang kriteria pemilihan materi ajar yang baik; (2) untuk memberikan keterampilan kepada peserta dalam memilih bahan ajar yang sesuai kebutuhan dan kondisi tempatnya mengajar terutama materi ajar berbasis teks; dan (3) untuk memberikan keterampilan kepada peserta dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan dan tempatnya mengajar terutama materi ajar berbasis teks. Materi disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan/latihan memilih dan mengembangkan bahan ajar berbasis kebutuhan. Adapun materi yang diberikan adalah: (1) Hakikat Pemilihan dan Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; (2) Pemilihan Materi Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; dan (3) Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Analisis hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru BSI se-Kabupaten Lombok Barat memberikan sambutan positif terhadap materi yang diberikan. Hal ini terlihat dari antosiasme dan partisipasi aktif mereka terhadap materi dan tugas-tugas yang diberikan. Berdasarkan tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini cukup berhasil. Hal ini terbukti dari kualitas hasil kegiatan berupa materi ajar berbasis teks yang dipilih dan dikembangkan oleh peserta. Semua guru BSI di Kabupaten Lombok Barat, yang menjadi peserta berhasil memilih dan mengembangkan materi ajar berbasis teks yang sesuai dengan kebutuhannya. Peserta yang mengikuti kegiatan sampai akhir adalah 20 orang. Jumlah hasil analisis materi ajar yang berhasil dipilih dan dikembangkan oleh peserta adalah 6 karena pada latihan terakhir peseta dikelompokkan menjadi 6 kelompok. Dalam hal ini, semua kelompok berhasil menyelesaikan tugasnya. Bahkan terdapat empat kelompok peserta yang dapat menulis sendiri materi ajar berbasis teks yang dibutuhkan. Meskipun demikian, juga masih terdapat kekurangan pada beberapa komponen teks yang dipilih dan dikembangkan. Terutama terkait dengan aspek struktur teks yang dikembangkan. Dalam hal ini, kelengkapan dan kualitas isi masing-masing struktur teks yang masih belum maksimal

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): pengembangan, materi ajar, teks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr saiful musaddat
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:24
Last Modified: 05 Dec 2018 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item