DAYA HAMBAT EKSTRAK MAKROALGA MERAH Gracilaria sp TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI PATOGEN DARI IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Pratama, Arfian Anugra (2018) DAYA HAMBAT EKSTRAK MAKROALGA MERAH Gracilaria sp TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI PATOGEN DARI IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Rumput laut Gracilaria sp merupakan salah satu bahan alami yang memiliki metabolit sekunder yang dapat membunuh bakteri sehingga dapat digunakan untuk menekan atau menghambat pertumbuhan bakteri patogen dari ikan nila. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat daya hambat ekstrak makroalga merah Gracillaria sp terhadap pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit dari ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian mengunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap. Perlakuan yang diuji terdiri atas 4 konsentrasi Gracillaria sp yaitu 20%, 40%, 60% dan 80%. Ampicillin digunakan sebagai kontrol positif sedangkan Aquadest sebagai kontrol negatif. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali ulangan. Data penelitian dianalsis menggunakan sidik ragam dengan taraf nyata 5%. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ekstrak makroalga merah Gracillaria sp berpengaruh secara signifikan (F hitung > F tabel) terhadap pertumbuhan bakteri patogen dari ikan nila. Uji lanjut BNT 5% menunjukkan hasil yang efektif terdapat pada ekstrak dengan konsentrasi 80% tidak yang berbeda nyata dengan kontrol positif Ampicillin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Daya hambat bakteri, Ekstrak Gracillaria sp, Bakteri patogen ikan nila
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:47
Last Modified: 05 Dec 2018 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item