PELATIHAN PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA GURU KELAS SD DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Turmuzi, Muhammad and Arjudin, Arjudin and Suryadi, Rahadi (2018) PELATIHAN PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA GURU KELAS SD DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RINGKASAN HASIL PENGABDIAN PNBP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Teknologi komputer memiliki arti penting bagi dunia pendidikan, yaitu sebagai sarana yang dapat dipakai untuk meningkatkan pelaksanaan program pendidikan, baik dalam proses pembelajaran maupun meningkatkan hasil belajar siswa. Agar lebih membuat materi matematika menjadi lebih konkrit lagi, disediakan software Geogebra yang user friendly. Software ini dikembangkan oleh Hohenwarter dan tim (2008) agar mempermudah siswa. Untuk itu diperlukan adanya penyebarluasan teknologi, yang dalam hal ini adalah Geogebra untuk melatih guru matematika sekolah dasar di Kecamatan Narmada untuk dapat memanfaatkan Geogebra lebih mendalam dalam pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru SD di kecamatan Narmada dalam memanfaatkan Geogebra dan alat peraga pada pembelajaran matematika, serta meningkatkan kemampuan merancang media pembelajaran matematika untuk guru SD di kecamatan Narmada dengan menggunakan Geogebra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, diskusi dan demonstrasi (praktek) di kelas. Berdasarkan rekap hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini mampu memberi solusi alternatif untuk menanggulangi kendala yang menghambat terlaksananya kegiatan pembelajaran Matematika di SD, selain itu peserta mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khusus penggunaan software geogebra dan alat peraga manual matematika SD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelatihan, Geogebra, Alat Peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 05 Dec 2018 04:28
Last Modified: 05 Dec 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item