PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK YANG DITERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ALAT PERAGA

Huda, Nurul (2018) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK YANG DITERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ALAT PERAGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK YANG DITERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ALAT PERAGA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi-experimen dengan desain penelitian non equivalent control group design with pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik pada kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Kemampuan pemecahan masalah diukur dengan memberikan tes essay. Hasil tes akhir pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 64,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol 51,55. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung = 3,57, sedangkan ttabel = 2,0. Berdasarkan hasil tersebut, berarti thitung lebih besar dari pada ttabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendekatan kontekstual, alat peraga, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 05:02
Last Modified: 05 Dec 2018 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item View Item