POTENSI PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT OLEH MASYARAKAT DI TAMAN WISATA ALAM MADAPANGGA (STUDI KASUS : DESA NDANO, KECAMATAN MADAPANGGA, KABUPATEN BIMA, NUSA TENGGARA BARAT)

Ani, Novi (2018) POTENSI PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT OLEH MASYARAKAT DI TAMAN WISATA ALAM MADAPANGGA (STUDI KASUS : DESA NDANO, KECAMATAN MADAPANGGA, KABUPATEN BIMA, NUSA TENGGARA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel ilmiah.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Salah satu ciri budaya masyarakat di negara berkembang adalah masih dominannya unsur-unsur tradisional dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas tersebut antara lain adalah pemanfaatan tumbuhan sebagai bahan obat oleh berbagai suku bangsa atau sekelompok masyarakat yang tinggal di pedesaan, salah satunya adalah Desa Ndano, Kec. Madapangga, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian kearifan lokal yang sudah mulai berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis sejauh mana masyarakat memanfaatkan dan meramu tumbuhan obat, serta unsur sosial budaya dan konservasi yang dikaitkan dalam proses meramu obat tradisional oleh masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif ekploratif, yang telah dilaksanakan bulan Mei-Juni 2018. Teknik pengumpulan data di lapangan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan narasumber untuk wawancara menggunakan metode Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis secara deskriptif terkait dengan aspek-aspek yang dibatasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 23 famili yang terdiri dari 26 spesies dan 24 spesies tumbuhan tambahan sebagai campuran ramuan tradisional. Pemanfaatan tumbuhan obat ini digunakan untuk penyembuhan 35 jenis penyakit. Tumbuhan berhabitus pohon dan bagian (organ) daun paling banyak dimanfaatkan sebagai obat. Masyarakat masih menggunakan cara sederhana dalam meramu tumbuhan obat, yaitu dengan cara dihaluskan dan direbus. Penggunaan obat, umumnya dilakukan dengan cara diminum, dioleskan dan diteteskan. Pihak kawasan TWA Madapangga telah melakukan sosialisasi tentang tumbuhan obat yang berpotensial kepada masyarakat, akan tetapi masih terbatas. Sedangkan dari masyarakat setempat sudah melakukan penanaman di kebun atau perkarangan rumah miliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tumbuhan Obat, Pemanfaatan, Masyarakat Desa Ndano (Suku Mbojo)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:56
Last Modified: 05 Jan 2019 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11144

Actions (login required)

View Item View Item