PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII-B MTS NEGERI 5 LOMBOK TENGAH PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SUSILAWATI, DENIA (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII-B MTS NEGERI 5 LOMBOK TENGAH PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII B MTS Negeri 5 Lombok Tengah pada materi persamaan garis lurus dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus memiliki lima tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, evaluasi dan refleksi. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas peserta didik sedangkan untuk prestasi belajar diperoleh melalui tes evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata skor aktivitas peserta didik adalah 13,33 dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II dilakukan berdasarkan perbaikan-perbaikan pada siklus I sehingga terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas peserta didik menjadi 17,66 dengan kategori tinggi dilanjutkan perbaikan pada siklus III menunjukkan rata-rata skor aktivitas peserta didik adalah 20,34.. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu 60,00% pada siklus I, 85,00% pada siklus II dan meningkat menjadi 90,00% pada siklus III Sehingga model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII B MTS Negeri 5 Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Aktivitas Belajar Peserta Didik, Prestasi Belajar Peserta Didik dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:56
Last Modified: 10 Dec 2018 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item