MAKNA POLITIK BAGI TOKOH AGAMA Studi Fenomenologi Partisipasi Tuan Guru dalam Politik Praktis di Lombok POLITICAL MEANINGS FOR RELIGIOUS LEADERS Phenomenology Study of Tuan Guru Participation in Practical Politics in Lombok

Huda, Afthon Ilman (2018) MAKNA POLITIK BAGI TOKOH AGAMA Studi Fenomenologi Partisipasi Tuan Guru dalam Politik Praktis di Lombok POLITICAL MEANINGS FOR RELIGIOUS LEADERS Phenomenology Study of Tuan Guru Participation in Practical Politics in Lombok. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang fenomena tuan guru yang berpartisipasi dalam politik praktis di Lombok. Tuan guru memiliki peran sentral di tengah masyarakat, yaitu sebagai pemimpin spiritual yang kedudukannya cukup dihormati. Dengan jama’ahnya, tuan guru biasanya memiliki hubungan patron-klien. Masifnya tuan guru—sebagai tokoh agama dengan memegang peran simultan—berpartisipasi dalam politik praktis, baik dalam pemerintahan legislatif bahkan eksekutif membuat penulis tertarik untuk mengetahui makna politik bagi tuan guru yang berpartisipasi dalam politik praktis dan implikasinya terhadap kehidupan sosial tuan guru. Penulis menemukan, bahwa politik bagi tuan guru yang berpartisipasi dalam politik praktis secara keseluruhan dimaknai sebagai tujuan kebaikan. Kehadiran peran tuan guru dalam dunia politik diketahui justru memberikan implikasi makna yang positif terhadap kehidupan sosial tuan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fenomenologi, Tuan Guru, Politik Praktis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:55
Last Modified: 10 Dec 2018 04:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item