PENGARUH LEVEL BOOSTER ORGANIC SUPPLEMENT DALAM FERMENTASI CAMPURAN DARAH DAN DEDAK PADI TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN DAN SERAT KASAR

BUDIONO, BUDIONO (2018) PENGARUH LEVEL BOOSTER ORGANIC SUPPLEMENT DALAM FERMENTASI CAMPURAN DARAH DAN DEDAK PADI TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN DAN SERAT KASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah Budiono.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengaruh Booster Organic Supplement (BOS) fermentasi campuran darah dan dedak padi selama 8 hari terhadap kandungan protein dan serat kasar telah dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis proksimat protein kasar dan serat kasar. Hasil dari analisis proksimat dilakukan Uji Anova untuk melihat pengaruh perlakuan dan apabilah terdapat pengaruh perlakuan dilakukan Uji Duncan untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fermentasi campuran darah sapi dan dedak padi menggunakan BOS selama 8 hari, berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan protein kasar dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan serat kasar. Kandungan protein kasar dapat meningkat dari 8,08% menjadi 9,41%, sedangkan penurunan serat kasar dari 16,33% menjadi 13,82%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dedak padi, Darah sapi, Protein kasar, Serat kasar
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:54
Last Modified: 10 Dec 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item