KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI STIK SAYURAN DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS PADA UD. LISTA KARANG TALIWANG CAKRANEGARA)

AINI, HIDAYATUL (2018) KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI STIK SAYURAN DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS PADA UD. LISTA KARANG TALIWANG CAKRANEGARA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH hidayatul aini.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kelayakan legalitas usaha agroindustri stik sayuran di UD. Lista, (2) untuk mengetahui kelayakan sosial usaha agroindustri stik sayuran di UD. Lista, (3) untuk mengetahui kelayakan finansial usaha agroindustri stik sayuran di UD. Lista Karang Taliwang Cakranegara Kota Mataram Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis dalam penelitian ini adalah UD. Lista yang memproduksi stik sayuran di Kota Mataram. Data yang diperoleh dalam analisis ini dianalisis dengan menggunakan analisis profitabilitas, return on investment (ROI), rentabilitas usada dan rentabilitas ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kelayakan legalitas usaha: Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Industri (TDI), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Sertifikat Halal dan Sertifikat Produksi Industri Pangan Rumah Tangga (P-IRT). 2) Kelayakan Sosial sebesar 3,65 artinya dapat diterima oleh masyarakat, tokoh agama maupun aparat pemerintah karena mampu meningkatkan keterampilan, pendapatan, dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menjaga kebersihan lingkungan. Proses produksi dan produk yang dihasilkan tidak menyimpang dari norma agama, norma budaya, norma adat dan istiadat. 3) Kelayakan finansial: Profitbilitas sebesar 47,38%>0,75% artinya layak diusahakan, Return On Investment (ROI) sebesar 16,26%>0,75% artinya layak diusahakan, Rentabilitas Usaha sebesar 36,94%>0,75% artinya layak diusahakan dan Rentabilitas Ekonomi sebesar 35,24%>0,75% artinya layak diusahakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelayakan, Agroindustri, stik sayuran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:53
Last Modified: 10 Dec 2018 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item View Item