STUDI POLA PEMASARAN SAYURAN DATARAN TINGGI SEMBALUN OLEH PEDAGANG BESAR DI PASAR PAOKMOTONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Kurniawati, Erna (2018) STUDI POLA PEMASARAN SAYURAN DATARAN TINGGI SEMBALUN OLEH PEDAGANG BESAR DI PASAR PAOKMOTONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL Erna Kurniawati (C1G014066).pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pola dan saluran pemasaran sayuran dataran tinggi Sembalun oleh pedagang besar di pasar Paokmotong Lombok Timur; (2) Mengetahui efisiensi pemasaran sayuran dataran tinggi Sembalun di pasar Paokmotong Lombok Timur; (3) Mengidentifikasi kendala pedagang dalam memasarkan sayuran dataran tinggi Sembalun Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey. Unit analisis adalah petani yang melakukan usahatani sayuran dan lembaga pemasaran yang terlibat. Penelitian dilaksanakan di Pasar Paokmotong Kabupaten Lombok Timur. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. a). Pola pemasaran sayuran dataran tinggi sembalun oleh pedagang besar dalam sistem pembelian kepada petani dilakukan dengan sistem bayar non tunai sebesar 100% dalam Rp/kg, sedangkan pembelian pedagang besar kepada pedagang pengumpul pembayaran dilakukan dengan tunai sebesar 40% dan non tunai sebesar 60% dalam Rp/kg. Untuk sistem penjualan oleh pedagang besar kepada pedagang perantara dilakukan dengan sistem bayar tunai sebesar 100% dalam Rp/kg, sedangkan sistem penjualan pedagang besar kepada pedagang pengecer dilakukan dengan sistem bayar tunai sebesar 50% dan non tunai 50% dalam Rp/kg; b). Diperoleh dua saluran pemasaran untuk komoditas kubis dan tiga saluran pemasaran untuk komoditas tomat dan cabai besar; 2. Ketiga komoditas belum efisien, karena komoditas kubis dan tomat memiliki distribusi keuntungan belum merata, share harga yang diterima petani tidak terlalu tinggi dan rata-rata distribusi keuntungan <1, untuk komoditas kubis integrasi pasar secara vertikal tidak terintegrasi secara sempurna namun terdapat perbedaan harga yang nyata sedangkan komoditas tomat integrasi pasar tidak terintegrasi secara sempurna dan tidak terdapat perbedaan harga yang nyata. Sedangkan untuk komoditas cabai besar memiliki share

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, sayuran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:52
Last Modified: 10 Dec 2018 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item