PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMK NEGERI 5 MATARAM

RUBIAH, RANI (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMK NEGERI 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL_RANI RUBIAH.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik berbasis model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran PPKn di SMKN 5 Mataram pada tahun ajaran 2018/ 2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang pada kelas eksperimen dan 30 orang pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan instrumen tes aspek kognitif sebanyak 28 butir soal yang telah memenuhi validitas dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t dengan nilai 7, 259 dan 1,098 dengan dk=58 pada taraf signifikasi 5% sehingga nilai 7, 259 > = 1,098, maka hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh pendekatan saintifik berbasis model pembelajaran portofolio terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 5 Mataram diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Saintifik Berbasis Model Pembelajaran Portofolio, Hasil Belajar Aspek Kognitif, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 05:28
Last Modified: 10 Dec 2018 05:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item