HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019

Anjani, Fera Kiki (2018) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar Pada Pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Gugua I Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif (korelasional). Sampel penelitian ini berjumlah 105 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling probability sampiling dengan cara proportional stratified random sampling ialah pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional. Metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan wawancara. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemberian reward guru adalah 34 (dengan kategori tinggi), dan nilai rata-rata pemberian punishment guru adalah 20 (dengan kategori sedang). Sedangkan untuk nilai rata- rata motivasi belajar adalah 57 (dengan kategori tinggi) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian reward dan punishment guru secara bersama-sam dengan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) antara variabel Pemberian reward dan punishment dengan motivasi belajar siswa adalah 0,978 pada taraf signifikansi 5% dengan rhitung sebesar 0,978 > rtabel 0,195. Maka H0 (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha (hipotesis alternative) diterima dan menunjukkan hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords (Kata Kunci): Pemberian Reward Dan Punishment, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 03:15
Last Modified: 12 Dec 2018 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item