ANALISIS USAHATANI DAN EFISIENSI PEMASARAN TOMAT DI DESA SIKUR KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

AHMAD, SUTIHAT (2018) ANALISIS USAHATANI DAN EFISIENSI PEMASARAN TOMAT DI DESA SIKUR KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH PDF.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pendapatan usahatani tomat di Desa Sikur, 2) mengetahui efisiensi usahatani tomat di Desa Sikur, 3) mengetahui saluran dan efisiensi pemasaran tomat di Desa Sikur, dan 4) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh petani tomat dan pedagang tomat di Desa Sikur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah usahatani di Desa Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur pada musim tanam pertama (MT1) (November s/d Desember 2017 dan Januari s/d Februari 2018). Daerah penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, yaitu: dua dusun sebagai sampel yaitu Dusun Sandat dan Dusun Mumbul dengan jumlah responden ditetapkan sebanyak 30 orang secara Quota Sampling. Untuk penentuan responden yang akan diwawancara dilakukan secara Simple Random Sampling sedangkan penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan secara Snowball Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif, dan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata produksi tomat di Desa Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur pada MT I (November 2017 sampai Februari 2018) sebesar 1.890,42 kg/LLG (0,15 ha) atau 12.248,91 kg/ha dengan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 2.643.178,67/LLG atau Rp 17.126.427,65/ha. 2) Rata-rata penerimaan yang diperoleh oleh petani dari usahatani tomatdi Desa Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur sebesar Rp 8.082.678,67/LLG atau Rp 52.371.568,03/ha da Biaya produksi rata-rata tomat yang diperoleh sebesar Rp 5.439.500/LLG atau Rp 35.245.140,39/ha diperoleh R/C ratio sebesar 1,49 dengan begitu usahatani tomat di Desa Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur dapat dikatakan efisien karena R/C > 1. 3) Terdapat empat saluran pemasaran tomat di Desa Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, yaitu: saluran pemasaran I (Petani→Pedagang Pengepul→Konsumen), saluran pemasaran II (Petani→Pedagang Pengepul→Pengecer→Konsumen), saluran pemasaran III (Petani→Pedagang Besar→Konsumen), dan saluran pemasaran IV (Petani→Pedagang Besar→Pengecer→Konsumen). 4) Pemasaran tomat di Desa Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur dapat dikatakan efisien karena telah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tomat, Usahatani, Efisiensi, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:29
Last Modified: 12 Dec 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item