Pemberian Pigmen Warna yang Berbeda pada Anemon Clown (Heteractis Magnifica) dengan Berbagai Warna Terhadap Kelangsungan Hidup dan Ketahanan Warna

Utami, Baiq Ririn Febriani (2018) Pemberian Pigmen Warna yang Berbeda pada Anemon Clown (Heteractis Magnifica) dengan Berbagai Warna Terhadap Kelangsungan Hidup dan Ketahanan Warna. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Anemon clown merupakan hewan yang memiliki nilai jual rendah dibandingkan dengan anemon jenis lainnya. Pewarnaan bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi bagi anemon clown. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pigmen warna yang berbeda pada anemon clown (Heteractis magnifica) dengan berbagai warna terhadap kelangsungan hidup dan ketahanan warna.. Selain itu bertujuan untuk membandingkan keberhasilan pewarna pada bahan pewarna makanan maupun alami dalam ketahanan warna. Parameter penelitian yang diamati meliputi tingkat kelangsungan hidup, tingkah, pengamatan pemudaran warna dan pengukuran kualitas air. Analisis data yang digunakan yaitu analisis sidik ragam pada respon anemon terhadap pakan. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian pigmen yang berbeda pada anemon clown tidak mengalami perbedaan pada kelangsungan hidup dan ketahanan warnanya. Ketahanan warna yang mendapatkan hasil paling baik yaitu pada pemberian warna makanan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): anemon clown, perwarna, tingkat kelangsungan hidup, ketahanan warna
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:29
Last Modified: 12 Dec 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11282

Actions (login required)

View Item View Item