IDENTIFIKASI MAKROALGA EPIFIT PADA BUDIDAYA Kappaphycus spp. DI PERAIRAN TELUK SEREWE KABUPATEN LOMBOK TIMUR IDENTIFICATION OF EPIFIT MACROALGAE IN CULTURE Kappaphycus spp. AT SEREWE BAY DISTRICT, EAST LOMBOK

Menip, Menip (2018) IDENTIFIKASI MAKROALGA EPIFIT PADA BUDIDAYA Kappaphycus spp. DI PERAIRAN TELUK SEREWE KABUPATEN LOMBOK TIMUR IDENTIFICATION OF EPIFIT MACROALGAE IN CULTURE Kappaphycus spp. AT SEREWE BAY DISTRICT, EAST LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Epifit adalah tanaman yang menempel pada tanaman lain untuk menunjang tumbuh dan hidupnya. Tujuan penelitian ini yaitu a). Mengidentifikasi jenis alga epifit pada budidaya Kappaphycus spp. di perairan Teluk Serewe Kabupaten Lombok Timur, b). mengetahui perbedaan jenis alga epifit pada budidaya Kappaphycus alvarezii dan budidaya Kappaphycus striatum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2018 di perairan Teluk Serewe Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data disajikan dalam bentuk tabel dan gambar serta dianalisis secara deskriptif. Jenis alga epifit yang ditemukan pada budidaya Kappaphycus spp. sebanyak 27 spesies. Semua spesies terbagi dalam 3 kelas, 6 ordo, 10 famili, 17 genus dan 27 spesies. Jumlah epifit yang ditemukan pada budidaya Kappaphycus alvarezii maupun metode tanam longline adalah 23 spesies, sedangkan jumlah epifit yang ditemukan pada budidaya Kappaphycus striatum maupun metode tanam patok dasar 26 spesies.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Budidaya Kappaphycus spp., identifikasi, alga epifit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:29
Last Modified: 12 Dec 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item