DAYA HAMBAT EKSTRAK MAKROALGA HIJAU (Caulerpa lentillifera) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI PATOGEN PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

izwan, Andre (2018) DAYA HAMBAT EKSTRAK MAKROALGA HIJAU (Caulerpa lentillifera) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI PATOGEN PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Rumput laut caulerpa lentillifera merupakan salah satu jenis alga hijau yang memilki senyawa bioaktif yang dapat menghasilkan metabolit sekunder yang bersifat sebagai antibakteri dan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bahwa ekstrak rumput laut Caulerpa lentillifera memiliki senyawa antibakteri yang dapat menghambat bakteri patogen pada ikan nila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode rancangan acak lengkap (RAL) faltorial. Konsentrasi ekstrak rumput laut yang digunakan adalah 20%,40%,60%, dan 80% pada masing-masing bakteri uji pada ikan nila. Percobaan dilakukan dengan 3 kali ulangan. Hasil penelitian ekstrak Caulerpa lentillifera mempunyai efek antibakteri terhadap bakteri patogen pada ikan nila yaitu B1,B2, dan B3 yang ditunjukkan dengan terbentuknya zona hambat disekitar sumur agar. Konsentrasi hambat minimum ekstrak Caulerpa lentillifera terhadap bakteri B1 dan B3 adalah 20% dengan zona hambat rata-rata sebesar 11,33mm dan untuk bakteri B2 dengan konsentrasi 20% dengan zona hambat rata-rata 12,66mm , dan konsentrasi hambat maksimum ekstrak Caulerpa lentillifera terhadap bakteri B2, dan diikuti B3 dan B1 adalah 80% dengan zona hambat rata-rata B2 yaitu 23,33mm B3 yaitu 21,33mm dan B1 yaitu 22 mm, presentase peningkatan daya hambat pertumbuhan bakteri terhadap K+ tergolong tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas antibakteri, Caulerpa lentillifera, ikan nila, Bakteri patogen ikan nila B1,B2,B3
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:27
Last Modified: 12 Dec 2018 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item