PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU ANAK SHOLEH MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

MAESARAH, SITI (2017) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU ANAK SHOLEH MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan emosional anak khususnya dalam mengendalikan emosi pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap perkembangan emosional pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan desain penelitian pre-eksperimen designs berbentuk one group pre-test post-test design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pengunaan metode bercerita dengan media buku cerita bergambar di dalam pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengumpulkan data tentang perkembangan emosional dan proses pembelajaran menggunakan metode bercerita. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi yang digunakan saat pre-test dan post- test. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak berusia 4-5 tahun dalam kelompok A1 di TK Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram yang berjumlah 30 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t antara data pre-test dan data post-test dengan α = 5% dan dk = 15 + 15 – 2 = 28. Sebelum perlakuan didapatkan nilai rata-rata pre-test 65,2333 dan setelah perlakuan didapatkan peningkatan nilai rata-rata post-test menjadi 71,2667. Hasil uji t menunjukkan thitung = -10,815 lebih besar dari ttabel = -2,002. Harga thitung lebih kecil dibanding ttabel (thitung<tabel ). Akan tetapi, karena thitung bernilai minus maka nilai ttabel diminuskan dan posisi -10,815 berada pada daerah penerimaan Ha dalam kurva normal. Sehingga Ha: diterima dan Ho: ditolak. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan perkembangan emosional anak sebelum dan setelah penggunaan media audio-visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dari penggunaan metode bercerita terhadap perkembangan emosional anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram Tahun Ajaran 2016/2017 sehingga metode bercerita dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk meningkatkan perkembangan emosional anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Emosional, Metode Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:48
Last Modified: 14 Nov 2017 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item