ABNORMALITAS DAN INTEGRITAS PLASMA MEMBRAN SPERMATOZOA KAMBING KACANG YANG DIBERIKAN SUPLEMENTASI SARI KURMA PER ORAL PADA SUHU SIMPAN 5OC

UTAMI, RAMELAN ESTY (2018) ABNORMALITAS DAN INTEGRITAS PLASMA MEMBRAN SPERMATOZOA KAMBING KACANG YANG DIBERIKAN SUPLEMENTASI SARI KURMA PER ORAL PADA SUHU SIMPAN 5OC. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian suplementasi sari kurma terhadap abnormalitas dan integtitas plasma membran spermatozoa kambing kacang pada suhu simpan 50 C. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratorik menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 perlakuan dan 5 kali ulangan. Materi yang digunakan adalah semen kambing kacang yang berumur ± 2 tahun yang diberikan dan tidak diberikan sari kurma. Variabel yang diamati adalah abnormalitas dan integritas plasma membran spermatozoa. Hasil penelitian menunjukkan, pemberian sari kurma berdampak positif terhadap kualitas spermatozoa. Hal ini terbukti dari persentasi abnormalitas spermatozoa kambing sebelum diberikan sari kurma secara signifikan lebih tinggi (4,60 ± 0,89) dibandingkan setelah diberikan sari kurma (3,00 ± 0,70). Demikian juga integritas plasma membran spermatozoa setelah diberikan sari kurma secara signifikan lebih tinggi (91,00 ±2,64) dibandingkan dengan sebelum pemberian sari kurma (83,20 ±2,16).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sari kurma, abnormalitas, IPM, spermatozoa, kambingkacang.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 00:21
Last Modified: 13 Dec 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11315

Actions (login required)

View Item View Item