Penentuan Ketebalan Lapisan Sedimen Berdasarkan Analisis Kurva Horizontal to Vertical Spectral Ratio di Sekitar Bendungan Pengga, Kabupaten Lombok Tengah

Ainy, Annisa Emy Hidayatul (2018) Penentuan Ketebalan Lapisan Sedimen Berdasarkan Analisis Kurva Horizontal to Vertical Spectral Ratio di Sekitar Bendungan Pengga, Kabupaten Lombok Tengah. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ANNISA EMY HIDAYATUL AINY G1B014006.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai penentuan ketebalan lapisan sedimen berdasarkan analisis kurva Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR) di sekitar Bendungan Pengga, Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai frekuensi dominan (fg) dan amplifikasi (Ag) serta mengetahui nilai ketebalan lapisan sedimen di sekitar Bendungan Pengga menggunakan metode HVSR. Pengambilan data dilakukan pada 11 titik pengukuran dengan durasi 60 menit disetiap titik pengukuran dan menggunakan analisis kecepatan gelombang geser hingga kedalaman 30 meter (Vs30) yang diperoleh dari USGS. Data tersebut dianalisis menggunakan metode HVSR dan diolah menggunakan software Geopsy, sehingga diperoleh fg dan Ag di daerah tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini diperoleh nilai fg berkisar 6,82 Hz hingga 13,62 Hz dan Ag berkisar 2,38 hingga 7,24. Berdasarkan nilai fg dan kecepatan gelombang geser (Vs30) diperoleh nilai ketebalan lapisan sedimen di sekitar Bendungan Pengga yaitu 5,80 meter hingga 11,58 meter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode HVSR, mikrotremor, frekuensi dominan, faktor amplifikasi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:56
Last Modified: 13 Dec 2018 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item