ANALISI EKONOMI USAHA AGROINDUSTRI NASI BALAP PUYUNG (studi kasus nasi balap puyung Inaq Esun) DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

JUNIATI, WIWIN SRI (2018) ANALISI EKONOMI USAHA AGROINDUSTRI NASI BALAP PUYUNG (studi kasus nasi balap puyung Inaq Esun) DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Menegetahui Keuntungan yang didapatkan dalam usaha agroindustri nasi balap puyung Inaq Esun di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. (2) Mengetahui Break Event Point (BEP) di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. (3) Mengetahui Persentase Rasio Profitabilitas Usaha Agroindustri Nasi Balap Puyung di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah pengusaha yang membuka Nasi Balap Puyung Inaq Esun di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Daerah penelitian ini ditentukan secara studi kasus, yaitu: penelitian yang dilakukan secara intensifdan terincih. Penentuan jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak satu responden yaitu pemilik Agroindustri nasi balap puyung Inaq Esun. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, dan sumber data adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Laba Kotor (Keuntungan) yang diperoleh agroindustri nasi balap puyung Inaq Esun dalam satubulan sebesar Rp.113.212.410 sedangkan Pertahun sebesar Rp.1.358.548.427 dan Laba bersih sebesar Rp.112.962.410 sedangkan per tahun Rp.1.355.54.,927. Produk Nasi balap puyung Inaq Esun memiliki BEP penjualan, BEP produksi dan BEP harga dengan tingkat nilai yang berbeda. BEP pejualan yang didapatkan agroindustri ini sebesar Rp.198.393, BEP produksi tertinggi sebesar Rp. 12 bungkus. jika ingin mendapatkan keuntungan harus memproduksi sebesar BEP produksi dan memiliki titik impas BEP harga yang didapatkan agroindustri nasi balap puyung Inaq Esun sebesar Rp. 9.628.60 dalam satu kali proses produksi. Rasi Profitabilitas mengambarkan kemampuan badan usaha untuk menghasilkan laba dengan menggunakan seluruh modal yang dimiliki. Untuk nilai Grass profit margin (GPM) dapat dihasilkan sebesar 39,17 %, untuk nilai Net Profit Margin (NPM) sebesar 42,34% dan untuk nilai Operating Profit Margin (OPM) sebesar 42,43 %. Sedangkan Rentabilitas sebesar 64,32%, Yang semuanya menunjukkan bahwa usaha nasi balap puyung Inaq Esun menguntungkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rentabilitas, Pemasaran, Ikan Nila
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:56
Last Modified: 13 Dec 2018 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11328

Actions (login required)

View Item View Item