DAMPAK PEMBINAAN TERHADAP PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHA AGROINDUSTRI GULA AREN DI DESA BENGKAUNG KECAMATAN BATULAYAR

Iskandar, Aly (2018) DAMPAK PEMBINAAN TERHADAP PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHA AGROINDUSTRI GULA AREN DI DESA BENGKAUNG KECAMATAN BATULAYAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
aly iskandar.C1G014016 Dampak Pembinaan Terhadap Produksi dan Pendapatan Usaha Agroindustri gula aren di Desa Bengkaung K~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

Pembangunan pertanian pada dasarnya merupakan suatu upaya pemanfaatan potensi sumber daya alam yang tersedia secara berkelanjutan dengan didukung oleh tersedianya manusia, modal, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu sub sektor pertanian yang cukup penting keberadaannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional adalah sub sektor perkebunan. Komoditi perkebunan yang banyak dilestarikan dan ditingkatkan oleh industri kecil adalah gula aren yang bahan baku berasal dari tanaman aren. Salah satu daerah yang menjadi sentra produksi gula aren di Kabupaten Lombok Barat adalah Kecamatan Batulayar. Usaha agroindustri gula aren ini pada umumnya turun temurun, dimana proses produksi cenderung di kerjakan dengan cara sederhana oleh industri rumah tangga. Jumlah unit usaha agroindustri gula aren di Kecamatan Batulayar terletak di beberapa desa salah satunya yaitu di Desa Bengkaung. Menurut Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat untuk data produksi gula aren di Desa Bengkaung pada tahun 2016 memiliki kapasitas produksi sebesar 87 ton. Di Desa Bengkaung juga terdapat beberapa kelompok usaha yang dibina dalam bidang agroindustri gula aren yang memiliki beberapa tujuan tertentu yang salah satunya adalah untuk meningkatkan kelompok usaha dalam memproduksi gula aren dan memperbaiki kemasan gula aren agar terlihat lebih menarik. Dengan adanya pembinaan ini juga pada usaha gula aren ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pengusaha gula aren dan dapat meningkatkan pendapatan serta mampu menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sehingga memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, agroindustri
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Dec 2018 04:17
Last Modified: 15 Dec 2018 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item