PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X MA AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PUTRA, LALU SINGGIH AJI (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X MA AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
Lalu Singgih A.P (E1M013025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa kelas X MA Al- Aziziyah Putra tahun pelajaran 2016/2017 materi hidrokarbon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purporsive sampling dengan pertimbangan jumlah siswa yang sama sehingga terpilih kelas X.A sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan kelas X.B sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw . Setelah diberikan perlakuan, siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata berturut-turut sebesar 58,38 dan 66,5. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 4,64 yang lebih besar dari ttabel (1,66), sehingga H0 ditolak. Penerapan model pembelajaran tipe STAD dan Jigsaw memiliki perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X materi pokok hidrokarbon di MA Al-Aziziyah Putra tahun pelajaran 2016/2017. Model pembelajaran tipe Jigsaw memberian pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, model pembelajaran tipe STAD dan Jigsaw, dan materi hidrokarbon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:45
Last Modified: 14 Nov 2017 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item