REVITALISASI LABORATORIUM KOMPUTER DAN PENGUATAN KONSEP MATEMATIKA DAN FISIKA DENGAN PERANGKAT RASPBERRY PI DI SMAN 5 MATARAM

Sudiarta, I Wayan REVITALISASI LABORATORIUM KOMPUTER DAN PENGUATAN KONSEP MATEMATIKA DAN FISIKA DENGAN PERANGKAT RASPBERRY PI DI SMAN 5 MATARAM. -. (Unpublished)

[img] Text
repositori-sudiarta-LAPORAN.docx

Download (259kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membantu mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, teknologi komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu perkembangan komputer terlihat jelas pada perangkat hand phone serta komputer mini. Raspberry Pi, merupakan salah satu computer mini yang popular dan dengan harga yang murah, telah diterapkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris dan Amerika Serikat. Tujuan penggunaan Raspberry Pi untuk memperkenalkan teknologi komputasi, instrumentasi dan pelatihan programmer-programmer muda. Pada saat ini di Indonesia, perangkat Raspberry telah beredar banyak di pasaran, tetapi belum banyak digunakan di sekolah-sekolah. Di samping itu pula, pengamatan kami di sekolah-sekolah menengah atas di Mataram, perangkat komputer yang tersedia di laboratorium sekolah sudah tidak memadai, banyak yang rusak dan belum ada perbaikan dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah merevitalisasi laboratorium komputer serta melatih guru dan siswa menggunakan Raspberry Pi dalam belajar Matematika dan Fisika. SMAN 5 Mataram dipilih sebagai sekolah contoh penerapan Raspberry Pi. Keberhasilan penggunaan Raspbery Pi pada sekolah ini akan menjadi acuan untuk pengabdian kepada masyarakat selanjutnya di sekolah-sekolah di Nusa Tengara Barat.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): raspberry Pi, mini komputer, python, scratch 2.0, mathematica
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr I Wayan Sudiarta
Date Deposited: 15 Dec 2018 04:05
Last Modified: 15 Dec 2018 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11352

Actions (login required)

View Item View Item