KETERSEDIAAN FOSFOR PADA LAHAN PADI SAWAH BERDASARKAN INTENSITAS PENGGUNAANNYA DI KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT THE PHOSPHORUS AVAILABILITY IN RICE FIELDS BASED ON USING INTENSITY IN GERUNG SUB DISTRICT THE REGENCY WEST LOMBOK

Habiburrahman, Habiburrahman (2018) KETERSEDIAAN FOSFOR PADA LAHAN PADI SAWAH BERDASARKAN INTENSITAS PENGGUNAANNYA DI KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT THE PHOSPHORUS AVAILABILITY IN RICE FIELDS BASED ON USING INTENSITY IN GERUNG SUB DISTRICT THE REGENCY WEST LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan fosfor pada lahan padi sawah berdasarkan intensitas penggunaanya di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2018 hingga April 2018 di 3 kriteria lokasi (Kurang Intensif, Intensif, Sangat Intensif). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan teknik survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan hara P pada lahan sawah intensif di semua kriteria lokasi tergolong berharkat tinggi hingga sangat tinggi. Penggunaan lahan yang sangat intensif (3 kali tanam) menunjukkan penimbunan hara P yang sangat tinggi dengan kisaran 85% dari luas lahan yang diteliti. Korelasi Dosis pupuk SP36/TSP dengan ketersediaan P di setiap kriteria lokasi memiliki hubungan positif dan berkorelasi sangat erat (r =0.994 ) yaitu pada lokasi Kurang Intensif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ketersediaan Fosfor, Lahan Sawah Intensif
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:59
Last Modified: 19 Dec 2018 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item