Penambahan Prebiotik Berbeda Pada Pakan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) The Addition Of Different Prebiotics On Feed To Increase White Shrimp Growth (Litopenaeus vannamei)

Ramdhani, Sri (2018) Penambahan Prebiotik Berbeda Pada Pakan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) The Addition Of Different Prebiotics On Feed To Increase White Shrimp Growth (Litopenaeus vannamei). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Udang vaname merupakan salah satu jenis udang yang banyak dibudidaya di Indonesia. Udang ini banyak digemari dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, bahkan menjadi primadona dari Indonesia. Akan tetapi, kegiatan budidaya udang menghadapi permasalahan terkait faktor lingkungan, penyakit, pertumbuhan yang lambat, serta kematian massal. Hal ini berakibat menurunkan tingkat produktivitas udang vaname. Salah satu pendekatan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penambahan prebiotik pada pakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan prebiotik yang berbeda pada pakan terhadap pertumbuhan udang vaname (Litopanaeus vannamei). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, perlakuannya termaksud Perlakuan Kontrol P1 (Pemberian pakan pellet tanpa penambahan prebiotik), P2 (pemberian pakan pellet dengan penambahan prebiotik ubi 2%), P3 (pemberian pakan pellet dengan penambahan prebiotik kentang 2%), P4 (Pemberian pakan pellet dengan penambahan prebiotik ubi 1% dan kentang 1%). Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analysis of variance (ANOVA) dengan tingkat signifikan 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara perlakuannya untuk tingkat laju pertumbuhan spesifik, bobot mutlak, rasio konversi pakan. pertumbuhan mutlak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): udang vaname, prebiotik, pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:59
Last Modified: 19 Dec 2018 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11411

Actions (login required)

View Item View Item