ANALISIS HUBUNGAN TEKNIS FUNGSIONAL INPUT DAN OUTPUT PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SETELUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT

AFRIANI, DESI (2018) ANALISIS HUBUNGAN TEKNIS FUNGSIONAL INPUT DAN OUTPUT PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SETELUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ArtikelIlmiah Dese Afriani 2018.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis hubungan teknis fungsional antara input dan output pada usahatani padi sawah di Kecamatan Seteluk; (2) Menganalisis elastisitas produksi dan daerah produksi dari penggunaan input pada usahatani padi sawah di Kecamatan Seteluk; (3) Untuk mengetahui produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah di Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Usahatani Padi Sawah di Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Kecamatan Seteluk terdiri dari 10 desa dan ditentukan dua desa sampel secara purposive sampling, yaitu Desa Seteluk Tengah dan Desa Tapir, atas dasar luas panen padi sawah lebih luas dibandingkan dengan wilayah desa lainnya di Kacamatan Seteluk. Di Desa Seteluk Tengah terdapat 34 kelompok tani dan di Desa Tapir terdapat 18 kelompok tani. Jumlah kelompok tani ditentukan sebanyak 3 kelompok tani yang terdistribusi secara proportional random sampling, yaitu 2 kelompok tani di Desa Seteluk Tengah (yaitu Kelompok Tani Datar Sabodok dan Kelompok Tani Bukit Indah) serta 1 kelompok tani di Desa Tapir, yaitu Kelompok Tani Maju Bersama. Penentuan jumlah responden dilakukan secara “Quota Sampling” yaitu dengan menetapkan 30 orang responden petani yang terdistribusi pada tiga kelompok tani terpilih secara “Proportional Random Sampling”, yaitu 5 responden untuk Kelompok Tani Datar Sabodok, 14 responden untuk Kelompok Tani Bukit Indah, dan 11 responden untuk Kelompok Tani Maju Bersama. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis deskriptif, analisis produktivitas usahatani, biaya dan pendapatan, analisis regresi dengan fungsi Cobb-Douglas, serta analisis elastisitas produksi (daerah produksi) dengan pendekatan matematis dan kurva.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usahatani, Padi Sawah, Fungsi Produksi, Elastisitas Produksi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item