PENGARUH PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING (AL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA PADA MATERI MINYAK BUMI SMAN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JANUARTI, ROMANA DWI (2018) PENGARUH PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING (AL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA PADA MATERI MINYAK BUMI SMAN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ROMANA DWI J..pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) melalui model Accelerated Learning (AL) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA pada materi minyak bumi SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dalam bentuk rancangan pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mataram yang terbagi menjadi 5 kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, dan XI MIA 5. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan pendekatan somatis, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) melalui model accelerated learning (AL) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran konvensional (model pembelajaran langsung). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan gain uji-t. Hasil uji statistik gain uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (1,774) > ttabel (1,671) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan somatis, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) melalui model accelerated learning (AL) memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (model pembelajaran langsung) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA pada materi minyak bumi SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendekatan SAVI, model accelerated learning, dan hasil belajar siswa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item