PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HIRMAYADI, HIRMAYADI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMAN 1 Gerung. Hal ini disebabkan karena rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Siswa lebih dominan bertanya dengan temannya dibandingkan bertanya dengan guru terkait materi yang diajarkan. Selain itu pada saat guru memberikan latihan soal kepada siswa, sebagian besar siswa melihat jawaban dari temannya dan bahkan siswa meminta kepada guru untuk tidak melihatnya mengerjakan latihan soal. Untuk memperbaiki hal tersebut salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan statistika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang diadakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar “9,33”, “16”, “21”, dan “25,34”, dengan kategori berturut-turut yakni “sangat kurang aktif”, cukup aktif”, “aktif”, dan “sangat aktif”. Selanjutnya ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II berturut- turut sebesar 59,38% dan 87,88%. Melihat keseluruhan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dengan optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan statistika kelas XI IPA 4 SMAN 1 Gerung tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif,Two Stay Two Stray(TSTS), aktivitas belajar, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item