PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DITINJAU DARI UNDANG- UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Terhadap Putusan Nomor:102/Pid.B/2017/PN.DPS)

HASTINA, M. ARYASHA YUDISHTHIRA PUTRA (2018) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DITINJAU DARI UNDANG- UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Terhadap Putusan Nomor:102/Pid.B/2017/PN.DPS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL M. ARYASHA YUDISHTHIRA P.H. (D1A 114 148).pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dan penerapan sanksi dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah hukum normatif, dengan metode pendekatan undang-undang, konseptual dan kasus. Sumber hukum yang diperoleh dari data kepustakaan. Jenis bahan hukum yaitu primer, sekunder dan tersier. Tehnik pengumpulan bahan hukum yaitu bersumber pada bahan-bahan pustaka, yang selanjutnya di analisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian, bahwa pertimbangan hakim dalam perkara Kekerasan Dalam Rumah Tangga yaitu Pertimbangan yuridis dan Pertimbangan non yuridis sedangkan penerapan sanksinya Terdakwa dalam putusan melakukan kekerasan fisik yang mengakibatkan luka memar dan hakim memberikan sanksi yang seimbang dari batas maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan Sanksi Pidana, KDRT
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item