PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO ANAK KELOMPOK B (5-6 Tahun) TK AL-ABBASIYAH JERUA LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019 (Studi Pengembangan di kelompok B Tk Al-Abbasiyah Jerua Lombok Timur)

AINI, NURUL HUDA (2018) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO ANAK KELOMPOK B (5-6 Tahun) TK AL-ABBASIYAH JERUA LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019 (Studi Pengembangan di kelompok B Tk Al-Abbasiyah Jerua Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Al-Abbasiyah Jerua terkait dengan kemampuan berbicara anak yang masih kurang dan belum optimal. Hal ini disebabkan kurangnya interaksi dan sosialisasi antara teman sebaya. Perkembangan optimal akan bisa dilakukan dengan menggunakan metode kegiatan bermain peranmakro. Sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kegiatan bermain peran makro dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B ( 5-6 tahun) di TK Al-AbbasiyahJerua. Untuk menyelesaikan masalah ini maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain peran makro dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B (5-6 tahun) di TK Al-AbbasiyahJerua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Al-Abbasiyah, dimana jumlah siswanya sebanyak 19 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan III tahapan pengembangan, yang masing- masing pengembangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis pengembangan. Data penelitian tentang kemampuan berbicaraanak dikumpulkan dengan metode observasi, dan dokumentasi serta instrument menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah bermain peran makrodapat mengembangkan kemampuan berbicaraanak, dapat dilihat pada tahap pengembangan I mencapai rata-rata 50,8%, sedangkan pada tahap pengembangan II mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 71,1%. Serta meningkat secara optimal pada tahap pengembangan III dengan persentase 86,2%. Hasil penelitian ini di sarankan kepada pengelola sekolah, guru, dan peneliti lain bisa mengambil manfaat dari kegiatan bermain peran makro. Dengan demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan bermain peran makroyang dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dapat mengembangkan kemampuan berbicaraanak usia 5-6 tahun di TK Al-Abbasiyah Jerua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuanBerbicara, Main PeranMakro
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:41
Last Modified: 07 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item View Item