PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2017/2018

Nurhasanah, Nurhasanah (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2017/2018. Design eksperimen yang digunakan, adalah true- experimental, yaitu kategori pre-test post-testcontrol group design.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Porposive Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbanagan tertentu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 32 Cakranegara, sedangkan sampelnya adalah kelas V.A sebagai kelas kontrol dan kelas V.B sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t. Diperoleh thitung sebesar 4,581 sedangkan ttabel sebesar 2,000pada taraf kepercayaan 95%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Circuit Learning, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:40
Last Modified: 07 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11467

Actions (login required)

View Item View Item