KAJIAN TENTANG PERNIKAHAN DINI PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus Di Desa Golong, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat)

Kurniawa, Trisno (2018) KAJIAN TENTANG PERNIKAHAN DINI PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus Di Desa Golong, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL TRISNO KURNIAWAN.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Sudah menjadi kodrat alam bahwa dua orang manusia dengan jenis kelamin yang berlainan, seorang laki-laki dan seorang perempuan, ada daya saling menarik satu sama lain untuk hidup bersama. Pernikahan merupakan institusi agung untuk mengikat dua lawan jenis dalam satu ikatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong, dampak, dan upaya dalam mencegah pernikahan dini pada anak usia sekolah, di Desa Golong Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui Reduksi data, Penyajian data, Penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor pendorong yaitu faktor keinginan tersendiri dari pelaku, untuk segera melakukan pernikahan, dukungan dari orang tua, kurangnya pemahaman keluarga tentang bahanya pernikahan dini, faktor lingkungan setempat. Dan dampak terjadi pernikahan dini pada pasangan suami isteri kurang mampu mengontrol emosi dan kesetabilan keluarga, belum bisa memenuhi kebutuhan pokok keluarga yang belum tercukupi. Upaya dalam mencegah pernikahan dini memberikan sosialisasi pentingnya pendidikan terhadap anak, memberikan pemahaman terhadapa anak tentang bahayanya penikahan dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pernikahan Dini, Faktor penyebab , dampak, dan upaya mengatasi pernikahan dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:40
Last Modified: 07 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item