BAKRI, SURYA ARIFAN (2018) HUBUNGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA SMAN LEMBAR TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL E1R113072.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar matematika dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan metode dokumenter untuk data prestasi belajar Matematika dan dengan metode angket/ kuesioner untuk data minat belajar Matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,488 hal ini menunjukkan bahwa minat belajar matematika memiliki hubungan yang positif dan cukup kuat dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar Tahun ajaran 2017/2018. Selain itu juga diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 23,6% yang artinya 23,6% prestasi belajar Matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2017/2018 dapat dipengaruhi oleh minata belajar Matematika. Berdasarkan hasil analisis data juga diperoleh nilai p-value regression sebesar 0,00 < 0,05 artinya minat belajar Matematika memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2017/2018, dengan taraf signifikansi 5% atau tingkat ketepatan 95%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hubungan, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Saprudin Saprudin |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 01:40 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 01:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11477 |
Actions (login required)
View Item |