PENGARUH SUHU YANG BERBEDA TERHADAP KECEPATAN PENYERAPAN PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP SPAT KERANG MUTIARA ( Pinctada maxima)

Rahmayanti, Sucita (2018) PENGARUH SUHU YANG BERBEDA TERHADAP KECEPATAN PENYERAPAN PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP SPAT KERANG MUTIARA ( Pinctada maxima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Sucita Rahmayanti.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui laju konsumsi pakan spat kerang mutiara pada kondisi suhu yang berbeda. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2018 di Balai Pengembangan Budidaya Pantai, Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan empat kali ulangan sehingga diperoleh 16 unit percobaan. Adapun 16 unit percobaan tersebut terdiri dari perlakuan 1 (P1) dengan suhu 25o C, perlakuan 2 (P2) dengan suhu 29o C,, perlakuan 3 (P3) dengan suhu 31o C dan perlakuan 4 control (K) dengan suhu 27o C. Parameter pengamatan yang di uji secara statistic adalah laju filtrasi (LF), tingkat kelangsungan hidup (SR), aktifitas makan, tingkat konsumsi pakan harian, dan parameter kualitas air. Data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, untuk kemudian dianalisis secara deskriptif. Analisis data menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dengan taraf nyata 5 %. Jika di temukan perbedaan antar perlakuan, dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pada suhu yang lebih tinggi (hangat) yaitu suhu 310 C pada perlakuan 3, laju konsumsi pakan spat kerang mutiara memberikan hasil yang berbeda nyata dibandingkan dengan spat kerang mutiara yang dipelihara pada suhu yang rendah (dingin). Begitupun untuk

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): laju penyerapan pakan, pinctada maxima.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:40
Last Modified: 07 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11481

Actions (login required)

View Item View Item