ANALISIS KESALAHAN EYD dan DIKSI DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MATARAM

NURMEILANI, NURMEILANI (2018) ANALISIS KESALAHAN EYD dan DIKSI DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membuat karangan deskripsi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk- bentuk kesalahan berbahasa Indonesia di dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mataram? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia di dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dan sumber data yaitu 21 karangan deskripsi siswa kelas VII-5 SMP Negeri 4 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, simak, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode padan intralingual. Dalam metode penyajian data digunakan metode formal dan informal. Hasil analisis ditemukan bahwa di dalam karangan deskripsi siswa terdapat kesalahan ejaan yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital dan huruf miring, kesalahan penulisan kata yang meliputi kata depan di dan kesalahan penulisan kata ganti –ku, kesalahan penggunaan tanda baca titik (.), tanda baca koma (,), tanda baca titik dua (:), tanda baca hubung (-), dan tanda baca petik (“...”). Kesalahan dalam bentuk pilihan kata atau diksi. Hal ini dapat dijadikan sebagai masukan, acuan, dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karangan deskripsi, ejaan, dan pilihan kata atau diksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:39
Last Modified: 07 Jan 2019 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11482

Actions (login required)

View Item View Item