ANALISA JADWAL PELAKSANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN EARNED VALUE METHOD (STUDI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MATARAM)

Pratiwi, Linda (2018) ANALISA JADWAL PELAKSANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN EARNED VALUE METHOD (STUDI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan suatu proyek bisa dikatakan berhasil jika berjalan sesuai dengan rencana. Keberhasilan tersebut hanya dapat dicapai dengan menerapkan manajemen proyek, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan. Dalam pelaksanaan proyek dilapangan, salah satu aspek manajemen yang diterapkan adalah pengendalian. Dalam pembangunan gedung Fakultas Ekonomi Universitas Mataram yang dikerjakan oleh PT. Kerinci Jaya Utama mengalami keterlambatan selama 3 minggu dimana proyek yang seharusnya selesai pada tanggal 5 januari 2017 namun pelaksanaannya selesai pada tanggal 26 januari 2017. Untuk memudahkan rencana pengendalian tersebut maka diterapkan suatu metode, salah satunya adalah metode nilai hasil (Earned Value Method) untuk memantau kinerja proyek dan mengevaluasi pengendalian biaya dan penjadwalan yang terdiri dari tiga indikator yaitu BCWS, BCWP dan ACWP serta dapat menganalisis penyimpangan kinerja biaya dan jadwal yang dilakukan pada pembangunan gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram. Dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan antara segi biaya dengan segi waktu. Dimana dari segi waktu menunjukkan adanya keterlambatan pelaksanaan selama 3 minggu dari perencanaan, sedangkan dari segi biaya terdapat selisih 8,17 % dari perencanaan (RAP). Kemudian pengaruh dari penerapan Earned `Value Method pada pembangunan proyek gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram yaitu dapat mengetahui letak penyimpangan yang terjadi serta dapat mengetahui hubungan antara apa yang telah dicapai secara fisik terhadap jumlah anggaran yang telah dikeluarkan. Selain itu dapat mengevaluasi resiko terjadinya penyimpangan terkait biaya dan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengendalian proyek,metode nilai hasil,BCWS,BCWP,ACWP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:36
Last Modified: 07 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11516

Actions (login required)

View Item View Item