PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN GUGUS IV KECAMATAN KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RAMADHANTI, FITRAH (2018) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN GUGUS IV KECAMATAN KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL FITRAH RAMADHANTI.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Gugus IV Kecamatan Kuripan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa kurang antuasias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Gugus IV Kecamatan Kuripan yang berjumlah 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan sampel kelas III SDN 3 Jagaraga yang berjumlah 37 siswa dan kelas III SDN 4 Jagaraga yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar kognitif IPA siswa. Data hasil belajar kognitif IPA dianalisis menggunakan T-Test Polled Varians diperoleh nilai Thitung > Ttabel yaitu sebesar 4,717 > 1,667 dan rata-rata terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 78,11 > 65,15 pada kelas kontrol. Hal ini Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis penelitain (Ha) diterima yang sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media Puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Gugus IV Kecamatan Kuripan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Puzzle, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:36
Last Modified: 07 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item View Item