PENGARUH PENGGUNAAN GILSONITE TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPAL BETON (AC-WC) Effect of using gilsonite on wearing course asphalt concrete performance

Rizal W. A., Muhammad (2018) PENGARUH PENGGUNAAN GILSONITE TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPAL BETON (AC-WC) Effect of using gilsonite on wearing course asphalt concrete performance. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Kerusakan jalan dapat disebabkan oleh penggunaan agregat dan aspal yang tidak sesuai spesifikasi. Parameter titik lembek aspal sering kali tidak memenuhi persyaratan minimum. Aspal yang tidak sesuai spesifikasi tersebut dapat diperbaiki sifat fisiknya dengan memberikan bahan tambah. Salah satu bahan tambah untuk memodifikasi aspal adalah gilsonite. Gilsonite dapat menaikkan titik lembek aspal sehingga perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan aspal yang dimodifikasi dengan gilsonite terhadap kinerja campuran aspal beton. Metode yang digunakan yaitu eksperimen, dimana dibuat 15 benda uji menggunakan aspal pen 60/70 untuk menentukan KAO, diperoleh KAO sebesar 6%. Pembuatan benda uji berdasarkan KAO dengan aspal modifikasi gilsonite menggunakan variasi kadar gilsonite 1%, 2% dan 3%. Analisa data dilakukan dari hasil pemeriksaan volumetrik yang meliputi VIM, VMA dan VFB, serta pengujian marshall untuk mendapatkan data stabilitas dan flow. Hasil pengujian volumetrik dan marshall menunjukkan bahwa nilai VIM, VMA, stabilitas dan MQ meningkat, sedangkan nilai VFB dan flow menurun. Perubahan nilai tersebut masih memenuhi spesifikasi Bina Marga, sehingga perlu dilakukan pengujian marshall immersion. Indeks kekuatan sisa terbesar dihasilkan dari campuran dengan aspal modifikasi gilsonite 1% dengan nilai stabilitas sisa sebesar 2493,88 kg. Nilai tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan stabilitas sisa campuran dengan aspal pen 60/70 yaitu sebesar 2177,71 kg.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kerusakan jalan, modifikasi aspal, gilsonite, stabilitas, stabilitas sisa.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item View Item