ANALISIS WAKTU DAN BIAYA IRIGASI PADA SISTEM IRIGASI PIPA LEB DI LAHAN KERING, DI DUSUN ARUNGAN BALI, DESA AKAR-AKAR, KECAMATAN BAYAN, LOMBOK UTARA Cost and Time Irrigation Analysis of LEB Pipe Irrigation System on Dryland, at Arungan Bali, Akar-Akar Village, Bayan Subdistrict, North Lombok District

MUTA’AL, ATHA HADI (2018) ANALISIS WAKTU DAN BIAYA IRIGASI PADA SISTEM IRIGASI PIPA LEB DI LAHAN KERING, DI DUSUN ARUNGAN BALI, DESA AKAR-AKAR, KECAMATAN BAYAN, LOMBOK UTARA Cost and Time Irrigation Analysis of LEB Pipe Irrigation System on Dryland, at Arungan Bali, Akar-Akar Village, Bayan Subdistrict, North Lombok District. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Desa Akar-Akar merupakan wilayah administrasi Kecamatan Bayan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara yang memiliki wilayah lahan kering yang cukup luas yaitu mencapai 38.000 ha. Desa ini merupakan daerah lahan kering yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi lahan pertanian yang produktif untuk berbagai komoditas pertanian tanaman pangan dan hortikultura. Namun lahan kering di NTB sering mengalami kekurangan air untuk menopang kebutuhan tanaman sehingga air merupakan masalah yang paling penting dalam pengembangan pertanian di daerah NTB. Hal ini mengindikasikan perlunya efisiensi penggunaan air dengan sistem irigasi khusus seperti sistem irigasi pipa leb. Sistem irigasi ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan air dan menghemat biaya irigasi pada lahan kering Dalam penelitian ini dianalisis berbagai macam faktor yang mempengaruhi waktu dan biaya irigasi pada sistem irigasi pipa leb di Desa Akar-Akar. Data yang dianalisis dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian dilapangan secara langsung dan dari hasil uji laboratorium. Berdasarkan hasil analisa tersebut didapatkan waktu irigasi yang dibutuhkan agar kelengasan tanah bertahan hingga 30 hari adalah sebanyak 8 kali irigasi untuk durasi irigasi 20 menit dengan total irigasi selama 16 jam dan 5 kali irigasi untuk durasi irigasi 30 menit dengan total irigasi selama 15 jam. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk infrastruktur irigasi adalah Rp. 6.849.000,-. Biaya operasional yang dibutuhkan selama 30 hari untuk irigasi 16 jam adalah Rp. 464.000,- dan untuk irigasi 15 jam adalah Rp. 435.000,-.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Irigasi Pipa LEB, Lahan Kering.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:35
Last Modified: 07 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item