IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY THROUGH SCRAMBLE TECHNIQUE: A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT CLASS VIII-E OF SMPN 2 KURIPAN ACADEMIC YEAR 2012/2013

J U N A R I, J U N A R I (2013) IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY THROUGH SCRAMBLE TECHNIQUE: A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT CLASS VIII-E OF SMPN 2 KURIPAN ACADEMIC YEAR 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL JUNA PRINT.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris siswa melalui teknik scramble. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII -E SMPN 2 Kuripan yang rerdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, dan jumlah secara keseluruhan mereka adalah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi . Sebelum melakukan siklus pertama, siswa diberikan pre-test dan hasilnya menunjukkan bahwa hanya 36,7% siswa yang mendapat nilai ≥ 70 (Nilai Standar) . Persentase hasil pre-test tersebut lebih rendah dibandingkan dengan indikator kinerja yang mensyaratkan 85% siswa harus mencapai skor ≥70. Oleh karena itu, siswa diberikan perlakuan di siklus pertama dengan menggunakan tekhnik scramble. Hasil analisis dari siklus pertama menunjukan bahwa ada 76,6% siswa mendapatkan nilai target minimal 70. Berdasarkan hasil tersebut, siswa belum menunjukan peningkatan yang signifikan, dan presentasenya belum mencapai indikator penelitian. Oleh karena itu, siswa diberikan perlakuan pada siklus 2. Di siklus yang kedua, siswa mampu meningkatkan kosa kata bahasa Inggris mereka. Ini disebabkan karena teknik yang digunakan berjalan lancar dibandingkan dengan siklus yang pertama. Hasil refleksi dari siklus kedua menunjukkan bahwa 86,6 % siswa mendapat ≥ 70. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik scramble dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa di kelas VIII -E di SMPN 2 Kuripan pada tahun ajaran 2012/2013 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Improving, Vocabulary, Scramble Technique, and Second Year students of SMPN 2 Kuripan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:33
Last Modified: 07 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item