HUMOR AND THE VIOLATION OF GRICE’S COOPERATIVE PRINCIPLE (A Pragmatic Study of Episode Hadidi dan Maemun of Opera Van Java)

ABDURRAHMAN, ABDURRAHMAN (2014) HUMOR AND THE VIOLATION OF GRICE’S COOPERATIVE PRINCIPLE (A Pragmatic Study of Episode Hadidi dan Maemun of Opera Van Java). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Article.docx

Download (42kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan humor melalui pelanggaran prinsip-prinsip kooperatif Grice di program Opera Van Java episode Hadidi dan Maemun. Prinsip kooperatif terdiri atas empat maksim, yaitu: maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara. Tujuan khusus dari studi ini adalah untuk mengetahui maksim apa yang dilanggar untuk menciptakan humor, strategi apa yang dipakai untuk menciptakan humor dan apakah konsep implikatur terjadi di episode tersebut. Studi ini memakai tekhnik purposive sampling dalam penentuan sample. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi tidak langsung dan teknik pencatatan. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa para pemeran melanggar semua maksim. Strategi yang dipakai untuk menciptakan humor adalah dengan cara berbohong, melebih-lebihkan sesuatu, menyindir, menyangkal sesuatu, membandingkan sesuatu (maksim kualitas); terlalu informative dan kurang informative (maksim kuantitas); mengubah topik pembicaraan dan menggunakan permainan kata (maksim relevansi); berbelit-belit, menggunakan kalimat rancu, mengabaikan grammar, salah ucap kata, mengeja, mengubah kode dan menggunakan permainan kata (maksim cara). Cara-cara mereka melanggar maksim bisa juga dianggap sebagai strategi mereka untuk menciptakan humor. Konsep implikatur juga terjadi di episode tersebut dan berperan dalam penciptaan humor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Grice’s maxims, Humor, Violating maxim, Flouting maxim, Implicature.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:33
Last Modified: 07 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item