THE ANALYSIS OF PSYCHOLOGICAL CONFLICT AND CHARACTERIZATION OF THE MAIN CHARACTER “BELLA SWAN” IN “TWILIGHT” A NOVEL BY STEPHENIE MEYER

ARIYANTI, ZULFA (2014) THE ANALYSIS OF PSYCHOLOGICAL CONFLICT AND CHARACTERIZATION OF THE MAIN CHARACTER “BELLA SWAN” IN “TWILIGHT” A NOVEL BY STEPHENIE MEYER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
THESIS JOURNAL ZULFA ARIYANTI (E1D 109 027).pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “The Analysis of Psychological Conflict and Characterization of The Main Character “Bella Swan” in Twilight a Novel by Stephenie Meyer.” Penelitian difokuskan pada konflik psikologis dari Bella Swan sebagai tokoh utama dalam novel Stephenie Meyer yang berjudul Twilight. Metode yang digunakan dalam analisis novel adalah metode deskriptif analitis. Penelitian ini mendeskripsikan atau menginterpretasikan kondisi atau situasi dari tokoh utama. Data dalam penelitian ini berasal dari percakapan, paragraf, pernyataan, dialog, dan peristiwa di dalam cerita yang berhubungan dengan konflik psikologis yang dialami Bella Swan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Sigmund Freud mengenai Id, Ego, dan Superego dalam menganalisa karakterisasi dari Bella Swan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga macam konflik psikologis yang dihadapi oleh Bella yang mempengaruhi karakterisasinya. Adapun konflik-konflik yang harus dihadapi Bella diklasifikasikan kedalam tiga macam. Pertama, Manusia melawan dirinya sendiri. Istilah ini mengacu pada masalah psikologis dalam pikiran tokoh utama, seperti hasrat atau dilema moral. Kedua, Manusia melawan Manusia. Artinya disini bahwa karakter/tokoh utama bertabrakan pendapat/kemauan dengan orang lain/tokoh lain atau seseorang di dalam cerita. Ketiga, Manusia melawan Masyarakat. Artinya disini bahwa karakter/tokoh utama mungkin mengalami konflik dengan lingkungan sekitar atau masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psychology, conflict, characterization, Id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:32
Last Modified: 07 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11600

Actions (login required)

View Item View Item