INTERAKSI KELAS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MEMBACA DI MADRASAH ALIYAH PONPES AL ISTIQOMAH SURALAGA

Sahuddin, Sahuddin (2014) INTERAKSI KELAS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MEMBACA DI MADRASAH ALIYAH PONPES AL ISTIQOMAH SURALAGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Article HILMAN.docx

Download (130kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi interaksi kelas yang terjadi di Madrasah Aliyah Ponpes Al Istiqomah Suralaga Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas interaksi kelas dalam membaca yang terjadi selama proses belajar bahasa Inggris, terutama membaca di kelas. Penelitian ini memfokuskan pada peran antara guru dan siswa merupakan elemen penting dari interaksi kelas. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena fenomena atau peristiwa mendominasi penelitian ini. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Ponpes Al Istiqomah Suralaga Lombok Timur. Karena ini adalah penelitian deskriptif kualitatif peneliti adalah instrument kunci, peneliti secara langsung mengamati dan mewawancarai fenomena atau peristiwa dan orang-orang yang terjadi di lokasi. Data yang ditemukan dengan mengamati proses belajar mengajar dan mewawancarai peserta dalam interaksi kelas membantu peneliti untuk menganalisis bagaimana efektivitas kelas. Peneliti menggunakan perpanjangan waktu di lokasi, triangulasi dan analisis kasus sebagai kredibilitas data. Hasil analisis data yang peneliti temukan di lokasi penelitian adalah bahwa masalah dominan yang ditemukan adalah penguasaan materi yang dimiliki guru cukup baik tetapi kurang dalam cara mengajar dan guru tidak cukup baik dalam mengelola kelas. Terakhir, masalah terbesar yang memiliki siswa adalah kurangnya motivasi belajar, faktor sosial dan kesadaran orang tua adalah alasan dominan yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): interaksi kelas, mengajar, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:32
Last Modified: 07 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item