The Effect of Quartet Cards Game on Students’ Speaking Ability: An Experimental Research at Grade VII of SMPN 11 Mataram in Academic Year 2013/2014

Andriani, Ni Wayan Devi (2014) The Effect of Quartet Cards Game on Students’ Speaking Ability: An Experimental Research at Grade VII of SMPN 11 Mataram in Academic Year 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
DEVI JURNAL THE EFFECT OF QUARTET CARDS GAME.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Quartet cards game adalah sebuah permainan kartu yang satu set-nya terdiri dari empat kartu yang berisi gambar, kata kunci dan kalimat deskripsi sederhana. Permainan kartu ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif didalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dimana bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari penggunaan quartet cards game terhadap kemampuan berbicara siswa, khususnya didalam materi descriptive. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan two group design dimana terdiri dari satu kelas eksperimental dan satu kelas kontrol. Sampel dari penelitian ini memilih kelas VII B sebagai kelas eksperimental dan kelas VII C sebagai kelas kontrol di SMPN 11 Mataram, dimana setiap kelas terdiri dari 34 orang siswa sehingga jumlah total siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini adalah 68 siswa. Teknik pengambilan sample penelitian ini adalah cluster sampling. Data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Data dari nilai siswa diperoleh dari hasil penilaian dua orang penilai yaitu saya sebagai peneliti dan guru mata pelajaran bahasa inggrisnya sebagai penilai kedua (inter-rater). Jenis test yang saya berikan kepada siswa adalah dengan melakukan monolog yang dalam hal ini siswa diminta untuk mendeskripsikan suatu gambar dari binatang, orang dan pekerjaannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil t-test nya lebih besar dari nilai pada t-table, dimana hasil t-test nya adalah 4.42 > 2.6524 pada t-table tingkat .01(99%) dengan derajat kebebasan (df) 66. Itu berarti bahwa hipotesis nol (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada efek atau pengaruh dari Quartet Cards Game terhadap kemampuan siswa di tolak. Sedangkan hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan bahwa adanya efek atau pengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa diterima. Hal ini membuktikan bahwa Quartet Cards Game berpengaruh terhadap kemamouan berbicara siswa kelas VII di SMPN 11 Mataram tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Quartet Cards, Game, Speaking, Descriptive, and Experimental research.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:31
Last Modified: 07 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11611

Actions (login required)

View Item View Item