IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT BY USING CROSSWORD PUZZLE GAME: (Classroom Action Research in Grade VIII A on SMP Negeri 8 Mataram Academic Year 2013/2014)

WADINI, HENY CITHA (2014) IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT BY USING CROSSWORD PUZZLE GAME: (Classroom Action Research in Grade VIII A on SMP Negeri 8 Mataram Academic Year 2013/2014). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL HENY CITHA WADINI E1D 109 092.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai vocaulary siswa dengan menggunakan permainan crossword Puzzle. Penelitian ini dilakukan sebagaimana mestinya penelitian tindak kelas dilakukan. Penelitian tindak kelas ini meliputi: perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi secara terus menerus. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Pada setiap siklusnya, siswa diberikan materi pelajaran dengan menggunakan permainan crossword puzzle. Data didapatkan dari hasil pre-test dan post-test. Dari 41 siswa terdapat 40 siswa yang mengikuti setiap tesnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan crossword puzzle dapat meningkatkan nilai vocabulary siswa. Berdasarkan pada nilai pre-test dan post-test kedua siklus yang dapat disimpulkan bahwa nilai vocabulary siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Mataram meningkat setelah menggunakan permainan crossword puzzle. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai M (Mean) pre-test ke post- test siklus I adalah 47 meningkat menjadi 61,25, sedangkan M (mean) dari post test siklus I ke siklus ke II adalah 61,25 meningkat menjadi 80,75. Nilai persentase dari pre-test ke post test siklus I adalah 12,5% meningkat menjadi 37,5%, sedangkan nilai persentase dari post- test siklus I ke siklus II adalah 37,5% meningkat menjadi 87,5%. Proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil apabila nilai siswa mencapai atau lebih dari 70 (KKM). Bagi siswa yang mendapatkan nilai tdidak kurang dari 70 maka dapat dikategorikan berhasil dalam tes disetiap siklusnya. Dari pre-test ke siklus I, jumlah siswa yang berhasil mendapatkan nilai tidak kurang dari 70 adalah 5 siswa meningkat menjadi 15 siswa, sedangkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai tidak kurang dari dari 70 adalah dari 15 siswa menjadi 35 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): vocabulary, penelitian tindak kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:31
Last Modified: 07 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item