The Effect of Using SWELL Technique on Students’ Writing Recount Text Ability: An Experimental Research at Grade VIII of SMPN 6 Mataram

Anggraini S, Sri Hastuti Novila (2018) The Effect of Using SWELL Technique on Students’ Writing Recount Text Ability: An Experimental Research at Grade VIII of SMPN 6 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
journal_sri hastuti n.a.s.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

SWELL adalah sebuah teknik yang kepanjangannya adalah Social-Interactive Writing for English Language Learners. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teknik SWELL terhadap kemampuan menulis siswa pada materi Recount Text. Penelitian ini merupakan penelitian Experimental yang menggunakan single group design dimana kelas yang terpilih sebagai sampel adalah VIII-I yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik judgmental sampling. Data didapatkan dari nilai pre- test dan post-test siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dari t-test lebih tinggi dari pada nilai pada t-table, dimana pada tingkat .05 (95%) yaitu 6.12 > 2.045 dan pada tingkat .01 (99%) yaitu 6.12 > 2.756 dengan derajat kebebasan adalah 29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh yang berarti pada penggunaan teknik SWELL terhadap kemampuan menulis siswa dalam materi Recount Text tertolak. Dengan kata lain, hipotesis alternative yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan teknik SWELL terhadap kemampuan menulis siswa dalam materi Recount Text diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik SWELL efektif digunakan dalam pengajaran menulis Recount text pada kelas VIII di SMPN 6 Mataram tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): SWELL, Technique, Writing, Recount
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:45
Last Modified: 07 Jan 2019 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item View Item