THE EFFECT OF BACK-CHANNELING TECHNIQUE IN INCREASING STUDENTS’ LISTENING SKILL: EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE NINTH GRADE OF MTS AL MUKHTARY NW BUNGTIANG IN ACADEMIC YEAR 2014/2015

KASIH, RATNA (2014) THE EFFECT OF BACK-CHANNELING TECHNIQUE IN INCREASING STUDENTS’ LISTENING SKILL: EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE NINTH GRADE OF MTS AL MUKHTARY NW BUNGTIANG IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal isi RATNA KSASIH.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan metode Back- channel dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam hal mendengarkan. Penelitian ini didisain dengan model eksperimen dimana metode pengumpulan datanya didapatkan dari skor tes awal dan tes akhir. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pelaksanaannya, siswa kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode Back-channel, sedangkan siswa kelas control diajar dengan menggunakan metode dikte. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan tes awal dan tes akhir pada kedua kelas tersebut. Tes awal dilakukan untuk mengetahui homoginitas kemampuan siswa dan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan treatment; nilai rata-rata untuk kelas experiment adalah 68,55 sedangkan kelas control mendapatkan rata-rata 71,61. Setelah itu, kedua kelas akan diberikan perlakuan dan dilakukan tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode Back-channel dalam meningkatkan kemampuan siswa di bidang mendengarkan. pada akhirnya, hasil dari tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 79,35 sedangkan kelas control adalah 76,61. Selain daripada itu, didapatkan hasil t- Tes adalah 5,67 dan lebih tinggi dibandingkan dengan t-Tabel. Hal ini menunjukkan bahwa metode Back-channel efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal mendengarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan mendengarkan, metode Back-channel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 07 Jan 2019 05:06
Last Modified: 07 Jan 2019 05:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item